RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Kelas VI SD PAI (Pendidikan Agama Islam



RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas Semester            : VI / I
Pertemuan ke              : 5 (Lima)
Alokasi Waktu            : 3 x 35 Menit
Standar kompetensi    : 3 menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan
                                      Musailamah Al-Kazzab
 


I.                   Kompetensi dasar 3.1 Menceritakan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
II.                Indikator
-          Menceritakan kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Menuliskan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Menghindari perilaku dengki, hasad seperti Abu Lahab, dan Abu Jahal
III.             Tujuan pembelajaran
-          Setelah mengikuti  kegiatan pembelajaran
-          Siswa dapat menceritakan kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Siswa menuliskan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Siswa dapat menghindari prilaku dengki, hasadnya Abu Lahab dan Abu Jahal
IV.             Materi Pokok / Ajar
-          Kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Perilaku dengki, hasad Abu Lahab dan Abu Jahal
V.                Metode pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Penugasan
VI.             Langkah – langkah pembelajaran
A.    Kegiatan awal
-          Menkondisikan kelas
-          Membaca ayat pendek selama lima menit
-          Apresiasi dan motivasi siswa
-          Memberitahukan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan inti
-          Mendengarkan kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Menjelaskan kisah perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Menghindari prilaku dengki, hasadn Abu Lahab dan Abu Jahal
C.     Kegiatan akhir
-          Mengevaluasi
-          Menyimpulkan
VII.          Media / Sumber Belajar
-          Buku paket pelajaran PAI kelas VI halaman  22 – 25 karangan Nasran Ali dan Sri Nurhayati
-          Buku – buku penunjang yang relevan
VIII.       Penilaian
Indikator Pencapaian Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
-          Menceritakan kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Menyebutkan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Menjauhkan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
Tertulis
Jawaban singkat
-          Orang yang selalu menghalangi dakwah rasulullah saw adalah …
-          Dengki, hasad adalah sifat yang selalu ada pada …
-          Dengki, hasad termasuk perbuatan …
A.    Soal tertulis, Isian
Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang benar …
1.      Orang yang selalu menghalangi dakwah rasulullah saw adalah …
2.      Kisah Abu Lahab terdapat dalam al-qur’an surat …
3.      Sifat yang selalu dimiliki oleh Abu Lahab adalah …
4.      Dengki dapat menghapus perbuatan …
5.      Perbuatan tercela harus kita …
B.     Kunci jawaban
1.      Abu Lahab dan Abu Jahal
2.      al-lahab
3.      dengki
4.      baik
5.      jauhi
C.     skor Penilaian
No
Jawaban Siswa
Skor
1
Seluruh jawaban benar
3
2
Sebagian jawaban yang benar
2
3
Sedikit jawaban yang benar
1
4
Tidak ada jawaban yang benar
0
Penghitungan nilai akhir (dalam skala 0 – 100) masing-masing siswa adalah sebagai berikut
Nilai akhir = perolehan skor x skor edial (100)
                     Skor maksimal


Mengetahui
Kepala Sekolah,



(LALU MUHAMAD NASIR, S.Pd)
NIP. 19711231199403030

Teratak,                      2016
Guru Mata Pelajaran,




( ZAENUDDIN, A.Ma)
NIP. 19561231984031108


RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas Semester            : VI / I
Pertemuan ke              : 5 (Lima)
Alokasi Waktu            : 3 x 35 Menit
Standar kompetensi    : 3 Menghindari prilaku tercela

 


I.       Kompetensi dasar 3.4 menghindari prilaku bohong
-          Menceritakan kisah Musailamah Al-Kazzab
-          Menuliskan prilaku Musailamah Al-Kazzab
-          Menghindari perilaku dusta / bohong seperti Musailamah Al-Kazzab
II.                Tujuan pembelajaran
-          Setelah mengikuti  kegiatan pembelajaran
-          Siswa dapat menceritakan kisah Musailamah Al-Kazzab
-          Siswa menuliskan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-          Siswa dapat menghindari prilaku dusta / bohongnya Musailamah Al-Kazzab
III.             Materi Pokok / Ajar
-          Kisah Musailamah Al-Kazzab
-          Prilaku dusta Musailamah Al-Kazzab
IV.             Metode pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
V.                Langkah – langkah pembelajaran
A.    Kegiatan awal
-          Menkondisikan kelas
-          Membaca ayat pendek selama lima menit
-          Apresiasi dan motivasi siswa
-          Memberitahukan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan inti
-          Mendengarkan kisah Musailamah Al-Kazzab
-          Menuliskan kisah Musailamah Al-Kazzab
-          Menghindari prilaku dusta / bohong Musailamah Al-Kazzab
C.     Kegiatan akhir
-          Mengevaluasi siswa
-          Menyimpulkan
D.    Media / Sumber Belajar
-          Buku paket pelajaran PAI kelas VI halaman  25 – 27 karangan Nasran Ali dan Sri Nurhayati
-          Buku – buku penunjang yang relevan


E.     Penilaian
Indikator Pencapaian Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
-          Menceritakan kisah Musailamah Al-Kazzab
-          Menyebutkan kisah Musailamah Al-Kazzab
-          Menjauhkan prilaku dusta Musailamah Al-Kazzab
Tertulis
Jawaban singkat
-          Musailamah Al-Kazzab  berasal dari bani …
-          Musailamah Al-Kazzab mengaku diri sebagai…
-          Musailamah Al-Kazzab  adalah orang …
-          Prilaku tercela dari Musailamah Al-Kazzab adalah tidak mewajibkan…

A.    Soal tertulis, Isian
Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang benar …
1.      Musailamah Al-Kazzab  berasal dari bani …
2.      Setelah Nabi SAW Wafat yang mengaku dirinya sebagai nabi adalah …
3.      Musailamah Al-Kazzab  adalah seorang penyair dan …
4.      Musailamah Al-Kazzab  membolehakn minuman keras, zina dan tidak mewajibkan …
B.     Kunci jawaban
1.      Hanifah
2.      Musailamah Al-Kazzab  
3.      Pembohong
4.      Sholat
C.     Skor Penilaian
No
Jawaban Siswa
Skor
1
Seluruh jawaban benar
3
2
Sebagian jawaban yang benar
2
3
Sedikit jawaban yang benar
1
4
Tidak ada jawaban yang benar
0
Penghitungan nilai akhir (dalam skala 0 – 100) masing-masing siswa adalah sebagai berikut
Nilai akhir = perolehan skor x skor edial (100)
                     Skor maksimal


Mengetahui
Kepala Sekolah,



(LALU MUHAMAD NASIR, S.Pd)
NIP. 19711231199403030

Teratak,                      2016
Guru Mata Pelajaran,




( ZAENUDDIN, A.Ma)
NIP. 19561231984031108


Komentar

Postingan populer dari blog ini

terjemah kitab at - taqriratus sadidah

SOAL SAFINATUN NAJA UNTUK SMP 1 , 2 DAN 3

Kitab Puasa Kitab At-Taqriratus sadidah Fiqih imam syafi'i (belum di revisi)