RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Kelas VI SD PAI (Pendidikan Agama Islam
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
Kelas Semester : VI
/ I
Pertemuan ke : 5
(Lima)
Alokasi Waktu : 3 x
35 Menit
Standar kompetensi : 3
menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan
Musailamah
Al-Kazzab
I.
Kompetensi
dasar 3.1 Menceritakan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
II.
Indikator
-
Menceritakan
kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-
Menuliskan
prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-
Menghindari
perilaku dengki, hasad seperti Abu Lahab, dan Abu Jahal
III.
Tujuan
pembelajaran
-
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran
-
Siswa dapat
menceritakan kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-
Siswa
menuliskan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-
Siswa dapat
menghindari prilaku dengki, hasadnya Abu Lahab dan Abu Jahal
IV.
Materi Pokok /
Ajar
-
Kisah Abu Lahab
dan Abu Jahal
-
Prilaku Abu
Lahab dan Abu Jahal
-
Perilaku
dengki, hasad Abu Lahab dan Abu Jahal
V.
Metode
pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Penugasan
VI.
Langkah –
langkah pembelajaran
A.
Kegiatan awal
-
Menkondisikan
kelas
-
Membaca ayat
pendek selama lima menit
-
Apresiasi dan
motivasi siswa
-
Memberitahukan
tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan inti
-
Mendengarkan
kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
-
Menjelaskan
kisah perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-
Menghindari
prilaku dengki, hasadn Abu Lahab dan Abu Jahal
C.
Kegiatan akhir
-
Mengevaluasi
-
Menyimpulkan
VII.
Media / Sumber
Belajar
-
Buku paket
pelajaran PAI kelas VI halaman 22 – 25
karangan Nasran Ali dan Sri Nurhayati
-
Buku – buku
penunjang yang relevan
VIII.
Penilaian
Indikator Pencapaian Target
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen Soal
|
-
Menceritakan kisah Abu Lahab dan
Abu Jahal
-
Menyebutkan prilaku Abu Lahab dan
Abu Jahal
-
Menjauhkan prilaku Abu Lahab dan
Abu Jahal
|
Tertulis
|
Jawaban singkat
|
-
Orang yang selalu menghalangi
dakwah rasulullah saw adalah …
-
Dengki, hasad adalah sifat yang
selalu ada pada …
-
Dengki, hasad termasuk perbuatan …
|
A.
Soal tertulis,
Isian
Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang benar …
1.
Orang yang
selalu menghalangi dakwah rasulullah saw adalah …
2.
Kisah Abu Lahab
terdapat dalam al-qur’an surat …
3.
Sifat yang
selalu dimiliki oleh Abu Lahab adalah …
4.
Dengki dapat
menghapus perbuatan …
5.
Perbuatan
tercela harus kita …
B.
Kunci jawaban
1.
Abu Lahab dan
Abu Jahal
2.
al-lahab
3.
dengki
4.
baik
5.
jauhi
C.
skor Penilaian
No
|
Jawaban Siswa
|
Skor
|
1
|
Seluruh jawaban benar
|
3
|
2
|
Sebagian jawaban yang benar
|
2
|
3
|
Sedikit jawaban yang benar
|
1
|
4
|
Tidak ada jawaban yang benar
|
0
|
Penghitungan nilai akhir (dalam
skala 0 – 100) masing-masing siswa adalah sebagai berikut
Nilai akhir = perolehan skor x skor edial (100)
Skor
maksimal
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(LALU MUHAMAD NASIR, S.Pd)
NIP. 19711231199403030
|
Teratak,
2016
Guru Mata Pelajaran,
( ZAENUDDIN, A.Ma)
NIP. 19561231984031108
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
Kelas Semester : VI
/ I
Pertemuan ke : 5
(Lima)
Alokasi Waktu : 3 x
35 Menit
Standar kompetensi : 3 Menghindari
prilaku tercela
I.
Kompetensi
dasar 3.4 menghindari prilaku bohong
-
Menceritakan
kisah Musailamah Al-Kazzab
-
Menuliskan
prilaku Musailamah Al-Kazzab
-
Menghindari
perilaku dusta / bohong seperti Musailamah Al-Kazzab
II.
Tujuan
pembelajaran
-
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran
-
Siswa dapat
menceritakan kisah Musailamah Al-Kazzab
-
Siswa
menuliskan prilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
-
Siswa dapat
menghindari prilaku dusta / bohongnya Musailamah Al-Kazzab
III.
Materi Pokok /
Ajar
-
Kisah Musailamah
Al-Kazzab
-
Prilaku dusta Musailamah
Al-Kazzab
IV.
Metode
pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
V.
Langkah –
langkah pembelajaran
A.
Kegiatan awal
-
Menkondisikan
kelas
-
Membaca ayat
pendek selama lima menit
-
Apresiasi dan
motivasi siswa
-
Memberitahukan
tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan inti
-
Mendengarkan
kisah Musailamah Al-Kazzab
-
Menuliskan
kisah Musailamah Al-Kazzab
-
Menghindari
prilaku dusta / bohong Musailamah Al-Kazzab
C.
Kegiatan akhir
-
Mengevaluasi
siswa
-
Menyimpulkan
D.
Media / Sumber
Belajar
-
Buku paket
pelajaran PAI kelas VI halaman 25 – 27
karangan Nasran Ali dan Sri Nurhayati
-
Buku – buku
penunjang yang relevan
E.
Penilaian
Indikator Pencapaian Target
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen Soal
|
-
Menceritakan kisah Musailamah Al-Kazzab
-
Menyebutkan kisah Musailamah
Al-Kazzab
-
Menjauhkan prilaku dusta Musailamah
Al-Kazzab
|
Tertulis
|
Jawaban singkat
|
-
Musailamah Al-Kazzab berasal dari bani …
-
Musailamah Al-Kazzab mengaku diri
sebagai…
-
Musailamah Al-Kazzab adalah orang …
-
Prilaku tercela dari Musailamah
Al-Kazzab adalah tidak mewajibkan…
|
A.
Soal tertulis,
Isian
Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang benar …
1.
Musailamah
Al-Kazzab berasal dari bani …
2.
Setelah Nabi
SAW Wafat yang mengaku dirinya sebagai nabi adalah …
3.
Musailamah
Al-Kazzab adalah seorang penyair dan …
4.
Musailamah
Al-Kazzab membolehakn minuman keras,
zina dan tidak mewajibkan …
B.
Kunci jawaban
1.
Hanifah
2.
Musailamah
Al-Kazzab
3.
Pembohong
4.
Sholat
C.
Skor Penilaian
No
|
Jawaban Siswa
|
Skor
|
1
|
Seluruh jawaban benar
|
3
|
2
|
Sebagian jawaban yang benar
|
2
|
3
|
Sedikit jawaban yang benar
|
1
|
4
|
Tidak ada jawaban yang benar
|
0
|
Penghitungan nilai akhir (dalam
skala 0 – 100) masing-masing siswa adalah sebagai berikut
Nilai akhir = perolehan skor x skor edial (100)
Skor
maksimal
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(LALU MUHAMAD NASIR, S.Pd)
NIP. 19711231199403030
|
Teratak,
2016
Guru Mata Pelajaran,
( ZAENUDDIN, A.Ma)
NIP. 19561231984031108
|
Komentar
Posting Komentar
Mohon saran,,,,,,,
semoga apa yang kita baca memberikan manfaat