METODE PENELITIAN

BAB III

METODE PENELITIAN

A.  JENIS  PENELITIAN
Kehidupan manusia semakin hari semakin berkembang, salah satu penyebab ilmu pengetahuan berkembag pesat sampai seperti sekarang ini adalah semakin derasnya para ilmuan melakukan peneliti. Berbagai metode penelitian digunakan untuk mencari dan menemukan fenomena yang ada dalam kehidupan manusia.
Dalam melakukan penulisan skripsi ini penulis mengambil jenis penelitian  Berdasarkan judul.  Yang diangkat dalam penulisan ini maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Melalui pendekatan kualitatif diperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna, kenyataan dan fakta yang relevan. Dalam hal ini Moleong, mengemukakan bahwa penelitian kualitatif antara lain bersifat deskriptif, artinya data yang dikumpulkan lebih banyak berupa kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. (Afifudin dan Beni Ahmad).
Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan mendeskripsikan dan menganalisis penomena, peristiwa secara alami atau menguraikan hal menurut apa adanya. ( Arikunto, 2002: 11).
Hal yang menjadi pokok dalam kevalidan dalam memperoleh data, adalah kehadiran peneliti yang cukup di lokasi penelitian untuk bisa menentukan berbagai metode yang tepat dalam memperoleh data dan hasil penelitian yang memuaskan.
B.  METODE PENELITIAN
Metodologi penelitian adalah suatu pengkajian dalam mempelajari peraturan-peraturan dalam penelitian. Berikut ini akan dijelaskan jenis dan prosedur penelitian yang sudah disesuaikan dengan judul yang penulis tentukan.
C.  SUMBER DATA
Tentang data yang dikumpulkan dalam hal ini sangatlah tergantung pada perumusan masalah pada bab I karena penelitian yang dilakukan dalam hal ini adalah penelitian kualitatif yang terkait dalam bidang dakwah. Dalam penelitian yang akan dilakukan penulis menetapkan sumber data yang akan dipakai yaitu Sumber data primer.

Yang dimaksud dengan sumber data primer adalah pengambilan data yang dihimpun langsung oleh peneliti. ( Riduan, 2003: 24)  Artinya, data tersebut diperoleh secara langsung tanpa melalui perantara orang lain. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

terjemah kitab at - taqriratus sadidah

contoh soal utntuk akhlak lil banin

SOAL SAFINATUN NAJA UNTUK SMP 1 , 2 DAN 3