khutbah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد الله الذى اعدالجنة لمن اتقاه. واعد النارلمن عصاه . واذسأله اعطاه. ومن توكل عليه كفاه. ومن فوض امره اليه دبره وهداه. احمده سبحانه وتعالى واشكره على جميع نعمه ظا هراوبطنه. اشهدان لااله الا الله وحده لا شريك له اله تنزه عن كل ما سواه. واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله الذى اصطفاه. واجتباه. اللهم صل وسلم وبارك على عبدك ورسولك سيدنا محمد وعلى اله واصحابه الذى فازوا فضل الهداية والكرامه . وسلما تسليما كثيرا.
اما بعد : فيا ايهاالحاضرون ! اوصيكم ونفسى بتقوى الله وطاعته . اتقواالله فقد فاز المتقون. قال تعالى فى كتابه الكريم اعوذ بالله من الشيطا ن الرجيم . اعوا الى سبيل ربك باحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتى هى احسن ان ربك هو اعلم بمن ضل عن سبيله وهو اعلم بالمهتدين . النحل :۱٣٥ . صد ق الله العظيم .
Sidang jamaah jumat yang dimuliakan allah swt
Marilah kita senantiasa bertaqwa kepada allah dengan mengerjakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Disamping itu marilah kita bersyukur kepadaNya atas limpahan rahmat, nikmat, taufiq dan hidayahNya yang telah di limpahkan kepada kita sekalian sehingga kita bisa membedakan antara yang baik dengan yang buruk serta bisa mnghadiri panggilanNya yang berupa sholat jumat sebagai mana yang akan kita laksanakan pada siang hari ini. Mudah-mudahan yang telah atau akan kita laksanakan diterima atau diridhoi oleh allah swt amin.
Hadirin jamaah jumat yang berbahagia .
Khutbah yang akan saya sampaikan ini menerangkan menjaga lidah. Kita sebagai orang islam memang di anjurkan supaya berhati-hati baik mengenai tindakan maupun ucapan, bahkan dalam menyampaikan nasehatpun harus dengan kata-kata yang baik. Sebagaimana dinyatakan oleh allah swt didalam al-qur’an :
اعوا الى سبيل ربك باحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتى هى احسن ان ربك هو اعلم بمن ضل عن سبيله وهو اعلم بالمهتدين
Artinya : ajaklah orang kejalan agama tuhanmu dengan penuh hikmat dan nasehat yang baik serta berbantahlah (berkatalah yang baik. Sesungguhnya tuhanmu adalah dzat yang maha mengetahui orang yang sesatdari agama allah serta dia maha mengetahui orang yang mendapat petunjuk ( an-nahl :125)
Ayat tersebut bisa kita simpulkan bahwa kita di anjurkan supaya mengajak kepada orang yang belum beriman menuju agama allah dengan cara dan kata-kata yang baik. Karena sesungguhnya allah maha mengetahui orang yang benar-benar beriman dan orang yang berpaling dari agamanya.
Hadirin jamaah jumat yang dimulikan allah swt.
Kita dianjurkan oleh allah supaya menjaga lidah dengan berkata yang baik. Sebagai mana sabda rasulullah saw :
من كان يوء من بالله واليوم الاخر فليقل خيرا اوليصمت . رواه البخارى-
Barang siapa yang beriman kepada allah dan hari akhir maka hendaklah dia berkata baik atau diamlah (al-bukhary).
Hadist tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa orang yang beriman kepada allah dan hari kiamat supaya berkata yang baik atau diam jika tidak bisa brkata baik.
 Hadirin jamaah jum’at yang dimuiyakan allah swt
Demikianlah khutbah yang bisa sampaikan mudah-mudahan apa yang telah saya sampaikan diiringi dengan ridha dan  hidayah allah serta bisa bermanfaat bagi kita semua.
اقول قولى هذا فاستغفرو ه انه هو الغفور الرحيم


Komentar

Postingan populer dari blog ini

terjemah kitab at - taqriratus sadidah

contoh soal utntuk akhlak lil banin

SOAL SAFINATUN NAJA UNTUK SMP 1 , 2 DAN 3