Pengaruh Lingkungan Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Tampak Siring Kec. Batukliang.

            Lingkungan  merupakan peranan yang sangat penting terhadap pergaulan remaja,baik itu lingkungan keluarga,sekolah atau lingkungan masyarakat yang bisa membentuk karakter ramaja itu sendiri, karena remaja akan berkembang degan sendirinya dan akan beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Remaja harus bisa menciptakan lingkungan yang aman, terutama menciptakan pergaulan yang sehat.
            “Remaja adalah agen terpenting yang akan mampu membawa prubahan baik itu prubahan pada diri, keluarga, masyarakat dan lain-lain. Betapa pentingnya peranan remaja dalam menentukan masa depan bangsa dan negara. Sebab, remaja juga generasi penerus perjuangan bangsa.”
            Masa muda dalam kehidupan manusia adalah masa yang dapat dikatakan penuh harapan dan semangat. Jika ditinjau dari segi biologis, ia sedang dalam puncak kesempurnaan, dimana tubuh sedang mengalami pertumbuhan atau bertambah besar dan segala organ reproduksi sudah mulai aktif ke segala fungsinya. Melihat dari perkembangan saat ini remaja sudah banyak memberikan kontribusi bagi bangsa. Pada zaman kemerdekaan terlihat remaja mampu memerdekakan bangsa Indonesia dan menanamkan suatu suatu tekad yang bisa memberikan semangat pada pemuda yang lain. Demana pada masa kemerdekaan lahir yang disebut sumpah pemuda. Ini membuktikan bahwa pemuda pernah membuktikan bahwa mampu memberikan yang terbaik.
            Remaja kini harus mampu mengisi kemerdekaan yang telah di rebut oleh pemuda-pemuda bangsa yang terdahulu. Remaja akan mampu membawa prubahan di lingkungan mereka apabila remaja dibina dan didik dari sejak kecilnya dan ligkungannya di jaga dengan baik, karena untuk pertumbuhan remaja lingkungan yang baik, sehat dan aman, sangat menentukan karatristik dari perkembangan remaja tersebut.
            Berfokus pada fenomena dan realita dewasa ini sepertinya kalangan remaja masih terbawa dengan segala macam bentuk godaan. Sebingga manusia khususnya para remaja hidup tanpa terkendali mengabaikan aturan-aturan yang ada, baik aturan agama atau adat. Prilaku mereka sangat menyedihkan sekali yang lebih berdampak pada kehidupan masyarakat. Kehidupan para remaja yang berkaitan dengan akhlak sangatlah tidak bisa di lepaskan.
            Pada era sekarang ini pemerintah sudah banyak mendirikan tempat binaan bagi para remaja baik itu yang formal maupun yang nonformal. Pondok pesantren sebagai salah satu contoh yang banyak berkembang di Indonesia. Yang dimana banyak diantara pondok pesatren yang membuka berbagai macam program untuk binaan para remaja.
            Salah satu program yang dapat kita ambil sebagai sampel adalah program Tahfidz Al-Qur’an di Ponpes Ishlahul Ummah NW Lendang Kekah. Yang dimana program – program yang ditawarkan oleh tahfidz itu sendiri sangt penting untuk perkembangan akhlak remaja, lingkungan tahfidz melilik daya tarik tersendiri bagi para remaja di sekitarnya, mereka dapat menimba ilmu pengetahuan yang banya dan dapat meningkatkan SDM mereka dari skill mereka menghafal, dan akhlak mereka juga akan ikut terbina degan senirinya karena lingkungan tersebut. Tidaknya hanya sebatas menghafal, namun juga di terapkan beberapa program yang untuk menunjang binaan terhadap mantal para sntri dan remaja di sekitar lingkungan tahfidz al-qur’an.
            Salah satu alasan yang sangat kuat untuk membukukan al-qur’an adalah karena pada zaman peperangan nabi Muhammad saw banyak diantara para sahabat yang gugur di medan fisabilillah oleh sebab itu khalifah beserta para sahabat lainnya membukukan al-qur’an dengan mengumpulkan para penghafal-penghafal dimasa itu. Sejarah ini menggambarkan betapa pentingnya manghafal al-qur’an dan membina akhlak remaja segabai kader masa depan bangsa.
            Akhlak dalam hal ini adalah tabiat, sikap, dan perilaku yang terlihat. Dan juga bisa dipahami sebagai suatu sistem nilai yang dianut oleh seseorang. Ada kekhawatiran mengenai akhlak semisal remaja putra maupun putri bila tidak dibekali dengan iman serta budi pekerti sejak dini, perilakunya akan sangat mengkhawatirkan di kemudian hari.
            Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW kedunia ini adalah untuk memperbaiki akhlak ummat manusia yang rusak dan tidak mengikuti ajaran para Nabi-Nabi yang terdahulu, Kepada semua ummat manusia yang ada dunia ini khususnya yang beriman kepada Allah SWT di minta agar mengikuti prilaku akhlak dan keluhuran budi baginda Rasulullah SAW itu jadi panutan dalam berbagai bidang, trutama sekali dibidang agama karena akhlak merupak suatu yang sangat prinsip dalam kehidupan didunia ini baik itu akhlak sesama manusia maupun akhlak kepada sang kholik dalam bentuk tata cara ibadah kita kepada Allah SWT. Mereka yang mematuhi perintah dari Rasulullah SAW akan  dijamin keselamatannya di dunia dan akhirat.
              Selanjutnya jika akhlak sudah tertanam dalam suatu diri atau sudah terbina, maka dengan sendirinya akan menjadikan agama sebagai pedoman dan pengendali tingkah laku sikap dan gerak-gerik dalam kehidupannya. Konsekwensi akan dilaksanakan dengan sepenuh hati apabila ajaran agama telah masuk menjadi bagian dari mentalnya yang telah terbina itu, maka akan dilaksanakan dengan sepenuh hati segala perintahnya bukan keterpaksaan luar tetapi karena dorongan bathinnya. Sehingga  nilai-nilai agama tercermin dalam tingkah laku, perkataan, sikap dan moralnya.

              Untuk itu penulis mengakat judul ini karena penulis ingin mengetahui sejauh mana  pengaruh Tahfidz al-quran di dusun lendang kekah pada akhlak remaja di Desa Tampak Siring Kec. Batukliang Dalam ke hidupan sehari-hari, sehingga dapat memberikan masuka pada remaja lebih- lebih pada semua pemuda yang ingin hidupnya di hiasi oleh akhlak yang mulia sehingga bisa merubah sikap ahklaknya ke yang lebih baik dam mulia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

terjemah kitab at - taqriratus sadidah

contoh soal utntuk akhlak lil banin

SOAL SAFINATUN NAJA UNTUK SMP 1 , 2 DAN 3